Minggu, 24 Februari 2019

Pembuatan Blog

Image result for lambang trisakti


Kelompok J
- Sri Handayani 064001500020
- Namira Judia Winona 064001800002
- Puspa Ayu Savira 064001800009
- Karmielinda Nabila 064001800021

UNIVERSITAS TRISAKTI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
TEKNIK INFORMATIKA 
JAKARTA 2019

Pembuatan Blog

1.      Teori Singkat
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen (file-file Word,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. 


2.      Alat dan Bahan
Hardware  : Laptop/PC
Software   : Blogspot

3. Elemen Kompetensi 

Deskripsi:

Menggunakan Blogspot untuk dokumentasi softcopy laporan mata kuliah Jaringan Komputer

Kompetensi Dasar:
Mahasiswa mampu membuat Blogspot untuk softcopy laporan mata kuliah Jaringan Komputer
           

Latihan 1

1. Masukkan email Gmail di Blogger
Masuk ke Blogger. Isi email dengan email Gmail dan password. Jika belum mempunyai email Gmail harap segera mendaftar terlebih dahulu. Jika sudah masukkan email dan password di blogger, lalu klik Masuk.




2. Buat Blog Baru
Setelah itu anda akan dibawa ke tampilan berikutnya, lalu klik new blog.

3. Isikan Judul dan Alamat Blog
Nanti ada menu untuk isi judul dan alamat blog dengan nama blog sesuai keinginan anda dan apabila sudah diisi alamat blognya maka nanti ada tulisan dibawahnya. Alamat blog ini tersedia, anda bisa mengganti nama blog yang lainnya seperti nama lengkap atau keinginan anda. 


4. Pilih Template
Apabila sudah, tinggal memilih template atau tampilan blog, pilih sesuai selera anda. Untuk template bisa diubah lagi sesuai keinginan anda.




5. Klik create a new post
Setelah selesai, Selamat blog anda sudah jadi, lalu klik create a new post untuk membuat artikel terbaru dan mengeksposkan artikel anda.



Nanti akan tampil seperti gambar dibawah ini, ikuti sesuai petunjuknya karena sama dengan menulis di Ms.Word, setelah selesai membuat artikel lalu klik Publish.



4.      Kesimpulan
Saya dapat membuat blog dan banyak manfaat yang kita dapat dari blog yaitu menuangkan cerita atau informasi secara online, berbagi pengetahuan, membangun pertemanan secara online, dan dapat menjual dan mempromosikan suatu produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar